Perjalanan yang Menakjubkan

Ditulis tanggal 01. Dec, 2009 oleh dalam 2. Kesehatan Anak

Number of View: 79662

Siapapun akan mengamini pernyataan bahwa anak adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan pada orangtua. Anak tidak hadir di tengah kita begitu saja, dia telah melewati serangkaian proses yang menakjubkan selama kurang lebih sembilan bulan di dalam rahim sang Bunda. Ya, suatu perjalanan yang sangat menakjubkan.

Masa kehamilan kita bagi menjadi 3 trimester yakni trimester I (0 – 12 minggu), trimester II (12 – 28 minggu) dan trimester III (28 – 40 minggu). Pada trimester pertama terjadi proses pembentukan alat-alat tubuh (organ) yang cepat. Pada trimester kedua, organ-organ ini sudah dibentuk namun belum berfungsi sempurna dan kemampuan janin untuk bertahan hidup (viabilitas) masih disangsikan. Janin yang dilahirkan pada trimester ketiga dapat dikatakan telah viable (dapat hidup).

Bayi mungil yang Anda harapkan lahir rupawan dan sempurna seluruh bagian tubuhnya itu sejatinya berawal dari pertemuan dua sel yakni sel telur Anda dan satu sel sperma suami Anda. Setelah perjuangan keras sel sperma mencapai sel telur, maka dua sel tersebut bersatu yang kita sebut sebagai pembuahan. Dan perjalanan menakjubkan ini segera dimulai.

Segera setelah dibuahi, sel telur kemudian akan membelah dari satu menjadi 2, 4, 8 dan seterusnya sampai kelak menjadi jutaan bahkan milyaran sel. Selama proses membelah ini, sel telur bergerak di dalam saluran yang disebut tuba falopii menuju rahim. Kelompok sel yang sama besar ini disebut sebagai stadium morula yang kemudian berkembang menjadi stadium blastula. Sesampainya di rahim, kelompok sel ini akan menempel pada dinding dalam rahim (endometrium) yang disebut sebagai proses nidasi. Hormon human chorionic gonadotropin atau HCG dibentuk saat proses nidasi ini. Hormon inilah yang khas menentukan ada tidaknya suatu kehamilan. Hormon HCG akan dijumpai dalam air seni perempuan yang telah menjadi hamil.

Pada dua minggu pertama, hasil pembuahan masih berupa perkembangan dari sel telur yang dibuahi. Dari minggu ke-3 sampai ke-6 disebut mudigah (embrio) dan sesudah minggu ke-6 mulai disebut sebagai janin (fetus).

Banyak perubahan yang terjadi pada calon bayi saat minggu ke-4. Ujung hidung, kelopak mata dan telinga mulai berkembang. Pembentukan lubang hidung, bibir, mulut serta lidah juga telah dimulai. Anggota tangan serta kaki juga mulai terbentuk walaupun belum sempurna.. Pembuluh darah janin mulai dibentuk pada minggu ini.

Pada minggu ke-8, kita dapat mendengar denyut jantung janin dengan bantuan USG Berat janin saat ini hanya berkisar 15 hingga 30 gram. Wajah, hidung, dan anggota gerak sudah cukup terbentuk pada akhir minggu ini. Pada akhir minggu ke-12, kepala sudah menjadi lebih bulat dan wajah telah terbentuk sepenuhnya. Jari-jari tangan dan kaki terbentuk dan kuku mulai tumbuh. Bayi mulai menggerak-gerakkan tungkai dan lengannya, namun ibu belum dapat merasakan sepenuhnya gerakan-gerakan ini. Ginjal janin sudah mulai berfungsi pada minggu ke-12 ini dan janin sudah dapat mengeluarkan air kencing ke cairan ketuban.

Pada minggu ke-16, berat janin mencapai 30 gram dan ia mulai dapat menggerak-gerakkan seluruh tungkai dan lengannya. Janin sudah dapat menendang dan pada masa inilah, ibu mulai dapat merasakan gerakan janin. Alat pencernaan seperti usus dan hati telah cukup terbentuk pada akhir minggu ini dan janin telah dapat menelan air ketuban. Pada minggu ini pula, alat kelamin telah terbentuk dan sudah dapat dikenali dengan bantuan USG.

Kulit janin sudah mulai tebal dan rambut sudah mulai tumbuh di kepala pada minggu ke-20. Berat janin pun sudah mencapai 350 gram. Rambut halus atau lanugo mulai tumbuh di seluruh tubuh. Pada minggu ini, banyak organ utama tubuh yang sudah berfungsi. Otak terbentuk lengkap pada minggu ke-24 hingga ke-28. Beratnya pun sudah mencapai 1000 gram pada minggu ke-28. Paru-parunya telah berkembang dan dapat bekerja sempurna pada akhir minggu ke-32. Dengan berat kini sudah mencapai 1800 gram, kulit janin berwarna kemerahan dan wajahnya berkeriput sehingga bila lahir pada usia ini, bayi akan terlihat seperti orangtua kecil (little old man).

Pada bulan kesembilan atau minggu ke-36, tumbuh lemak pada kulit dan pundak janin sehingga beratnya kini mencapai 2500 gram. Percaya atau tidak, tubuh janin kini terlihat lebih montok dan keriput pada wajah sudah menghilang. Dan pada minggu ke-40, buah hati Anda kini telah siap menunggu saat kelahiran. Kulitnya halus, bulu-bulu halus telah hilang, kepala telah ditumbuhi beberapa rambut, Semua organ telah terbentuk dengan sempurna. Panjangnya kini sekitar 47 hingga 52 cm dan beratnya 3000 gram. Rerata berat bayi yang dilahirkan cukup bulan, umumnya pada berkisar antara 2500 gram hingga 4000 gram. Dan kini, buah hati Anda telah siap dilahirkan ke dunia. Dan para orangtua berbahagialah. Namun apakah perjalanan menakjubkan itu telah terhenti? Belum, Anda masih akan menyaksikan perjalanan menakjubkan mengenai pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda yang kini telah berganti nama menjadi bayi. Tulisan-tulisan saya berikutnya akan mengajak Anda menikmati perjalanan sang buah hati yang menakjubkan ini.

Referensi:

  1. Wiknjosastro H, Saifuddin AB, Rachimhadhi T. Ilmu kebidanan. Edisi ke-3. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, 2002.
  2. Mochtar R. Sinopsis obstetric: obstetri fisiologi, obstetric patologi. Editor: Lutan D. Edisi ke-2. Jakarta: EGC, 1998.
  3. Hanretty KP. Obstetric illustrated. Edisi ke-6. Toronto: Churcil Livingstone, 2003.

Tags: , , , , , , , , ,

2 Comments

Miato

29. Jan, 2010

Interesting, I`ll quote it on my site later.
Thank you
Miato

dr. M. Adi Firmansyah

11. Feb, 2010

Thank you, Miato

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.