Apakah Anda Depresi?

Ditulis tanggal 09. Jan, 2010 oleh dalam 1. Kesehatan Dewasa, Health

Telah dibaca : 5211

Depresi? Stress? Kata ini mungkin terdengar sepele. Ah, tak mungkin saya depresi. Kehidupan saya baik-baik saja kok. Tetapi percayakah Anda, bahwa setiap dari kita berpotensi untuk mengalami depresi, karena sepanjang manusia itu bernapas, maka selama itu masalah dalam kehidupan itu akan ada. Terlepas dari besar atau kecilnya masalah, yang sangat berperan adalah pribadi kita sendiri. Bagaimana kita menghadapi masalah demi masalah itu tersebut. Namun, percaya atau tidak, sekuat apapun kita berusaha untuk tegar, ternyata, bila dinilai oleh seseorang yang memang ahli (baca: psikiater) diri kita bisa menunjukkan gejala depresi, yang mungkin sangat ringan hingga kasat mata.

Bagaimana mengenali tanda-tanda depresi? Berikut tanda-tanda depresi:

A. Gejala Mayor

  • perasaan sedih atau depresif, tidak bisa menikmati hidup.
  • kurang atau tidak ada perhatian terhadap lingkungan
  • mudah lelah

B. Gejala Minor

  • konsentrasi dan perhatian kurang
  • harga diri dan kepercayaan diri kurang
  • perasaan bersalah / tidak berguna
  • pandangan masa depan suram (pesimis)
  • tidur terganggu
  • nafsu makan kurang atau bertambah

Seseorang dikatakan mengalami diagnosis jika gejala-gejala tersebut dijumpai dengan atau tanpa gejala somatik. Misalnya keluhan sakit kepala, mual muntah, sakit perung berulang dan sebagainya. Depresi disebut ringan jika dijumpai 2 gejala A ditambah 2 gejala B. Dikatakan depresi sedang jika dijumpai 2 gejala A dan 3 gejala B. Diagnosis depresi berat akan ditegakkan jika mengalami seseorang 3 gejala A dan 4 gejala B.

Bagaimana dengan Anda? Apakah ada gejala-gejala di atas yang pernah atau sering Anda alami? Jika ya, tidak ada salahnya ada segera berkonsultasi dengan ahlinya (baca: psikiater) untuk membicarakan solusi untuk masalah Anda. Dokter Anda akan membantu dan menilai apakah Anda memerlukan bantuan terapi obat (psikofarmaka) dan atau psikoterapi suportif.

Ruang Poliklinik Psikiatri RSCM

Di dunia maya, terdapat beragam tes sederhana untuk menilai secara kasar, apakah kita mengalami depresi atau tidak. Silahkan arahkan browser Anda untuk mengikuti semacam tes sederhana untuk menilai ada tidaknya depresi dalam diri Anda.

Silahkan klik: DISINI.

Semoga bermanfaat.

Share

Tags: , , , , , , , ,

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect. best vpn canada