Bila Si Kecil Radang Tenggorok

Ditulis tanggal 10. Jan, 2010 oleh dalam 2. Kesehatan Anak

Number of View: 4063

Yuni seorang ibu muda, tampak risau. Bagaimana tidak, jagoan kecilnya, Sandi, sedang sakit. Si kecil tidak bisa pergi bermain di kelompok bermainnya karena sedang demam. Sesekali ia batuk. Bukan hanya itu, Sandi pun menolak makan karena ia kesakitan bila menelan. Yuni pun panik dan segera membawa Sandi ke dokter. Yuni tentu tidak sendirian.

Kebanyakan ibu akan berlaku serupa. Biasanya setelah diperiksa dokter, baru ketahuan bahwa si kecil mengalami radang tenggorok. Benar, penyakit yang dikenal sebagai tonsilitis ini memang kerap menyerang anak-anak. Tenggorok adalah alat tubuh yang langsung berhubungan dengan dunia luar, oleh karena itu, ia merupakan alat tubuh yang paling sering terkena infeksi.

Virus dan bakteri sebagai penyebab
Kebanyakan penyebab radang tenggorok adalah infeksi virus yang menyebabkan batuk pilek atau flu. Namun, berbagai bakteri, juga dapat menyebabkan penyakit ini. Salah satunya adalah streptokokus. Bila dicermati, gejala tonsilitis akibat virus akan berbeda dengan bakteri. Misalnya sakit kepala dan sakit otot yang terjadi pada infeksi virus. Namun keduanya memiliki kesamaan, yakni menyebabkan demam.

Penanganan Berbeda
Umumnya dokter akan memeriksa tenggorok bayi dan anak yang menderita demam, untuk menilai ada tidaknya tanda-tanda infeksi. Jika radang tenggorok diduga akibat bakter, maka dokter akan memberikan antibiotik, yang tentu saja harus diminum sesuai dengan petunjuk. Biasanya, dengan pengobatan yang tepat, hampir semua radang tenggorok dapat disembuhkan. Berbeda bila diduga akibat virus, biasanya dokter tidak akan memberikan obat. Kalaupun ada, biasanya berupa obat penurun demam. Radang akibat virus ini akan sembuh dengan sendirinya. Oleh sebab itu, si kecil dianjurkan untuk cukup beristirahat, minum banyak cairan, dan tentu saja, mengonsumsi makanan cukup gizi.

Pencegahan
Sebenarnya, tidak ada pencegahan khusus yang dapat dilakukan untuk mencegah radang tenggorok. Anjuran yang biasa diberikan adalah berupaya menjaga kesehatan dan kebersihan, misalnya dengan membiasakan selalu mencuci tangan. Selain itu, hindari dari orang dewasa atau teman sebayanya yang sedang sakit radang tenggorok.

Tags: , , , , ,

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.