Bumi pada Malam Hari, ternyata…

Ditulis tanggal 14. Jan, 2010 oleh dalam 5. Apa Saja

Telah dibaca : 8513

Suatu waktu saya melihat gambar dari National Geographic. Sebuah gambar yang sangat menarik. Gambar bumi diambil dari satelit. Kondisinya diambil saat malam, artinya bagian bumi yang difoto oleh satelit sedang tidak disinari matahari alias gelap gulita.

Menariknya, tampak kilauan gemerlap di bumi. Tentunya ini adalah kilauan sinar dari cahaya lampu listrik yang menerangi kota-kota di seluruh belahan bumi pada malam hari. Berikut adalah gambarnya.

Indah bukan? Pandangan saya tentunya langsung menuju ke negeri tercinta nusantara, Indonesia. Dengan bantuan tool zoom pada komputer, saya soroti negara Indonesia. Berikut gambarnya.

Tampak segaris putih yang kontras dengan daerah di sekelilingnya. Tak puas, saya zoom lagi..

Ternyata segaris cahaya putih itu adalah pulau Jawa! Tak heran kalau ekonomi di negeri ini terpusat di pulau Jawa. Bagaimana tidak, melihat gambar ini, berarti hampir di seluruh pelosok Jawa telah dibangun infrastruktur listrik. Coba Anda perhatikan pulau-pulau lainnya. Pulau Sumatera, tampak hanya beberapa titik yang tidak merata. Pulau Irian apalagi, lebih tampak gelap gulita dibanding pulau Kalimantan ataupun Sulawesi.

Dari gambar yang terakhir, bisa dilihat ternyata ada perbedaan intensitas warna. Dari legenda peta tersebut, dikatakan bahwa daerah berwarna kelabu artinya daerah pinggiran kota. Sedangkan warna putih cemerlang adalah daerah perkotaan. Bisa Anda lihat, bahwa cahaya putih cemerlang menerangi daerah Jakarta dan sekitarnya?

Saya hanya mencoba berpikir positif, mungkin saja, saudara-saudara kita di pulau-pulau yang tampak gelap pada peta di atas menerapkan pola hemat listrik yang dianjurkan oleh Presiden beberapa waktu lalu. Ataukah, belum adanya kesadaran kita untuk memulai tindakan nyata menyelamatkan bumi dengan gerakan hemat listrik. Ah, ataukan semua  ini gambaran dari betapa tidak meratanya pembangunan di Indonesia? Anda sendiri yang dapat menjawabnya. 🙂

Sebuah gambar karikatur yang saya kutip dari situs inilah.com, sengaja saya tampilkan sebagai penutup tulisan ini.

Share

Tags: , , , , , ,

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect. best vpn canada