Anak batuk berbunyi kung-kung

Ditulis tanggal 08. Aug, 2010 oleh dalam 3. Daftar Konsultasi

Number of View: 5850

Dear dokter,

Saya seorang ibu dari 3 orang anak. Begini dok, anak ketiga saya, usia 2 tahun, laki-laki, dengan berat 9 kg. sudah dua hari ini batuk-batuk dok. batuknya berbunyi seperti kung kung dan tidak berhenti-henti. Jika selesai batuk, biasanya anak saya muntah dok. Sebelumnya, anak saya ini mengalami demam. Nafsu makannya jadi turun sama sekali. Kira-kira kenapa ya dok? apa yang harus saya lakukan? terima kasih dok.

Ny A, Tangerang

Dear ibu A,

Terima kasih untuk pertanyaannya. Tampaknya ibu adalah orang pertama yang menggunakan fasilitas ini. 🙂

Dari penjelasan yang ibu berikan, kemungkinan anak ibu mengalami batuk rejan. Batuk rejan diakibatkan oleh infeksi bakteri. Batuk ini dikenal juga sebagai pertusis.  Gejalanya cukup khas, dimana batuk anak terdengar melengking. Jika benar, sebaiknya ibu segera membawa anak ibu ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Pertusis harus diobati dengan antibiotik. Dokter akan memberikan obat dengan dosis yang sesuai dengan kondisi anak ibu.

Sebagai informasi, terkadang batuk hebat seperti batuk rejan, tetapi sebenarnya bukan batuk rejan melainkan batuk karena alergi. Sayangnya ibu tidak mencantumkan apakan putra ibu terdapat riwayat alergi atau tidak.

Oya bu, dari berat badan, tampaknya anak Anda masih dibawah berat badan ideal. Untuk seusia anak ibu, berat badan rerata adalah sekitar 12 kg. Mungkin ibu dapat sekalian berkonsultasi mengenai gizi anak ibu dengan dokter di rumah sakit.

Semoga bermanfaat,

Salam.

dr.M.Adi Firmansyah

Tags: , , ,

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.