Mengenalkan Renang pada Anak

Ditulis tanggal 16. Aug, 2010 oleh dalam 2. Kesehatan Anak, 3. Daftar Konsultasi, Health

Number of View: 7771

Yth dokter.

Saya ingin bertanya, kira2 usia berapa ya anak balita sudah boleh mengenal kolam renang?Anak saya soalnya masih umur 8 bulan tetapi bapaknya ingin mengajaknya berenang.

Mohon tanggapannya dok.

Terima kasih.

Ny S, Bintaro

Dear Ny S di Bintaro.

Sebenarnya tidak ada batasan atau patokan umur khusus kapan si kecil boleh berenang. Sebenarnya saat usia anak 1 tahun, anak sudah dapat melakukan gerakan di dalam air, namun bukan seperti gerakan berenang orang dewasa.

Lebih baik lagi bila si kecil diperkenalkan berenang ketika kemampuan motorik kasarnya sudah berkembang sempurna, yakni saat usia 4 tahun.

Yang penting, ada beberapa prinsip yang sebaiknya Anda pegang, yakni:

  • Ketika membawa anak ke kolam, sebaiknya Anda ikut mendampingi ke dalam kolam. Orang dewasa harus selalu ada dalam jangkauan tangan di sekitar si kecil. Pengawasan seperti ini disebut touch supervision. Pengawasan jarak dekat ini memungkinkan Anda memegang si kecil bila terjadi sesuatu.
  • Usia berapa anak boleh bermain di dalam air ? secara teori tidak ada ketentuan khusus. Tetapi dari perkembangan motor kasar dapat diperkirakan kapan sebaiknya anak aman dibawa bermain di dalam air. Pada bayi bila control lehernya sudah baik, anak dapat menegakkan kepalanya, saat itu anak sudah dapat diperkenalkan dengan air.
  • Pada pengenalan pertama, pada usia bayi sebaiknya perkenalkan dulu dengan kolam kecil, isi dengan air hangat. Baru setelah terbiasa anak dapat dibawa ke kolam umum.
  • Bila berenang di kolam umum, perhatikan kebersihan air. Gunakan tabir surya khusus untuk anak, dan setelah selesai mandi bilas bersih tubuh anak, berikan pelembab untuk menghindari masalah kulit pada anak.
  • Saat bermain di air, gunakanlah rompi penyelamat pada anak supaya ia tidak tenggelam apapun yang terjadi.
  • Pilihlah waktu yang tidak terlalu panas, di bawah jam 10 pagi atau di atas jam 4 sore. Pertama kali berenang jangan terlalu lama waktunya, perhatikan juga respon anak apakah senang di dalam air, takut atau kedinginan.
  • Jangan paksakan anak Anda masuk ke dalam air. Buatlah kegiatan bermain ini menyenangkan.
  • Beri contoh baik dari orangtua maupun saudaranya, bahwa berenang atau bermain di air itu menyenangkan.
  • Jika ia berteriak atau ketakutan, berhentilah. Lakukanlah lagi pelan-pelan.
  • Jangan biarkan anak menelan air kolam. Terlalu banyak air yang tertelan dapat menyebabkan konsentrasi garam dalam darah dan hal ini dapat membahayakan. Selain itu, air kolam yang kotor dapat pula menimbulkan masalah pencernaan.
  • Jika Anda menggunakan jasa pelatih renang, pilihlah yang menguasai teknik resusitasi jantung paru atau napas buatan.
  • Jika Anda memiliki kolam renang pribadi di rumah, berikanlah pagar di sekelilingnya, sehingga si kecil tidak dapat masuk ke area tersebut tanpa pengawasan Anda.

Semoga bermanfaat

dr. M. Adi Firmansyah

Tags: , ,

2 Comments

Bajusenamgrosir

04. Oct, 2011

Trims ya informasinya,,berguna bgt untuk memulai ngajarin anak berenang
FYI Kami jual baju renang anak juga lho,,silahkan kunjungi website kami ya baju renang anak

dr. M. Adi Firmansyah

04. Nov, 2011

@bajusenamgrosir: terima kasih kembali. Senang bisa membantu.
Ayo ibu-ibu, yang ingn belanja baju renang anak, monggo mengunjungi situsnya… 🙂

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.