Meriang Berkepanjangan

Ditulis tanggal 25. Oct, 2011 oleh dalam 1. Kesehatan Dewasa, 3. Daftar Konsultasi, Health

Number of View: 40536

Ass. Mohon bantuannya, 15 tahun yang lalu istri saya terkena kanker payu dara, Alhamdulillah sembuh tanpa operasi, kemudian tumor di perut dioperasi, tumor didekat tengkuk dioperasi lagi. Setelah beberapa tahun ini timbul meriang tiap hari, kadang badannya panas, panas dingin, baru mendung aja langsung meriang, kena uap hujan aja langsung meriang. Tiap hari selalu pake jaket. Keadaan itu sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Bagaimana cara mengatasinya ? Wass

Tn. MS di Bogor

Selamat malam, pak MS, maaf baru membalas

Sejatinya, Anda mungkin harsu memeriksakan darah istri. Minimal kita cek
darah perifer rutin, dan laju endap darah. ada kemungkinan istri anda
menderita infeksi berkepanjangan.
Coba perhatikan, adakah gejala lain yang dialamin istri Anda? misalnya
batuk lama, keringat malam, atau penurunan berat badan. Atau mungkin keluhan lainnya.
Jika ada, sebaiknya diperiksakan foto ronsen dada, kawatirnya ada infeksi
di paru.

Juga, apakah setelah dioperasi, istri Anda juga menjalani kemoterapi dan atau radiasi?
Jika ya, bisa jadi sbg salah satu efek samping yang dialami dari proses
tersebut.

Ada baiknya, anda segera berkonsultasi ke dokter Anda guna memastikan kondisi istri Anda, misanya dgn pemeriksaan fisis, lab, dan mungkin dg bantuan radiografi spt foto ronsen.

Akhirnya, semoga bermanfaat.

Salam,

dr.M.Adi Firmansyah

Tags: , , , ,

6 Comments

Wawan

09. Feb, 2012

Salam kenal Dok,
Saya Wawan.
Ada ingin saya tanyakan. Bapak saya (58 th), kurang lebih 3 tahun belakangan ini sering mengalami meriang. Datangnya kambuhan dok. Akhir-akhir ini sering datangnya. Katanya, setiap sore hari pasti meriang, badan lemas, telinga tarasa sakit, tangan panas dan kaki dingin, agak batuk, pusing cenut2. Sudah sering berobat, tapi cuma dikasih antibiotik aja. Ada dokter yang bilang kalau bapak saya mungkin kena infeksi flu, tapi tidak dijelaskan flu apa. Sedangkan bapak saya tidak mengalami flu. Pertanyaan saya:
1. Apa yang menyebabkan meriang sering muncul?
2. Kalau memang meriang adalah suatu gejala penyakit, kira-kira gejala penyakit apa?
3. Mungkinkah ada hubungannya antara meriang dengan hernia? karena satu tahun ini bapak saya mengalami hernia di bawah pusar.
4. Bagaimana cara mengatasi agar tidak sering muncul? mengingat bapak saya sering berobat tapi belum ada perubahan yang berarti.

Demikian dok pertanyaan saya, terimakasih sebelumnya untuk jawabannya. Nanti kalau ada yang ingin saya tanyakan lagi, saya akan mampir ke blog ini lagi ya.

M. Fauzi Nugraha

14. Feb, 2012

@Wawan: Karena adik saya tidak sempat menjawab lewat blog ini, maka balasan pertanyaan Pak Wawan disampaikan lewat saya.
Sayangnya informasi tentang demam yang bapak berikan tidak lengkap. Kalau memang sering meriang (demam), sebaiknya diperiksakan darahnya pak. Khawatirnya ada masalah. Sebaiknya ke dokter penyakit dalam pak. Pemeriksaan yang saya anjurkan yakni darah perifer lengkap (dengan hitung jenis). Seringkali kita menemukan masalah pada sistem darah (mengingat usia bapak anda hampir 60 tahun, ada keluhan lemas) dengan pemeriksaan sederhana ini. Tentunya jika kita menemukan kelainan, perlu ditindaklanjuti. Sejatinya jika tdk ada keluhan dari hernianya, tidak ada kaitannya dengan demam yang sering dirasakan pak. Semoga bermanfaat.

dr. M. Adi Firmansyah

14. Aug, 2013

Saran saya, sebaiknya ayah saudara jika memang sering terkena influenza, untuk dilakukan vaksinasi.
Jika beliau ada penyakit lain seperti diabetes, penyakit paru obstruktif kronik, pilihan vaksinnya adalah pneumokok.

jay

11. Apr, 2012

sore pak
ini saya mau nanya hampir setiap sore saya merasa meriang dan kedinginan. dan kadang juga tengah jam 12 dan jam 4 pagi. hal ini berlangsung selama 7 hari ..
tapi sebelumnya saya sudah konsultasi dan priksa kedokter kata ya ini pengaruh asam lambung. karena sebelumnya memang saya menderika sakit maag .
tapi sepertinya sekarang sekarang makin parah asam lambung saya memang terasa naik. knapa saya bilang demikian karena saya merasa sakit diulu hati, panas didada
dan awalnya memang seperti itu yang saya alami baru diikuti dengan meriang dan rasa pening dan pusing tadi.
saya bingung ni pak apakah sebenarnya penyakit saya ini ?
saya sudah berulang kali periksa kedokter dan diberikan obat tapi sepertinya gak ada pengaruh dan mereka bilang itu pengaruh asam lambung tadi
mohon bantuan nya lah pak.
ataS perhatiannya dan bantuannya saya ucapkan terimaksih
saya tunggu balasannya pak
selamat sore pak!!

nasya

13. Jul, 2013

siang dok saya ingin bertanya setiap malam saya selalu meriang menggigil sampai subuh

Armando

15. Aug, 2013

assalamualikum dok…
mamah saya 43 tahun dari awal puasa dia batuk-batuk dan terkadang batuknya mengeluarkan darah, dia juga sering mengeluarkan darah segar saat BAB… Dengkulnya juga sering lemas… kepalanya sering pusing dan mual trus sering muntah juga dok…
kira-kira mamah saya itu kenapa ya dok ? kemarin saya ke dokter trus kata dokternya mamah saya terkenaa gangguan limpah… Tolong bantuannya ya dok 🙂 wassalammualikum dok 🙂

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.